BG Plat Daerah Mana? Ini Penjelasannya

Table of Contents

Layaknya kamu atau semua masyarakat Indonesia yang memiliki KTP, kendaraan juga memiliki tanda pengenal. Tanda pengenal untuk kendaraan tidak hanya dalam wujud STNK dan BPKB. Lempengan plat yang berada di depan dan belakang kendaraan bermotormu juga menjadi tanda identitas bagi alat transportasi tersebut. Adanya plat kendaraan ini sangat penting, karena plat tersebut menjadi tanda bahwa kendaraan milikmu sudah memperoleh izin untuk melintasi fasilitas jalanan umum yang ada di kota maupun antar kota. Lewat plat kendaraan tersebut, kamu bisa mengetahui asal daerah dari kendaraan tersebut.

Dengan semakin baiknya pembangunan fasilitas dan prasarana yang ada di Indonesia, pergerakan kendaraan dari dan ke berbagai daerah di Indonesia jadi semakin mudah. Tidak hanya alat transportasi umum maupun pribadi saja, bahkan kendaraan angkut maupun kendaraan dinas dari daerah yang berbeda bisa melintas dengan mudah. Nah, mungkin saat berkendara, kamu pernah melihat plat kendaraan dengan simbol BG. Dari simbol huruf tersebut, kamu bisa mengetahui asal dari kendaraan tersebut. Penasaran bg plat daerah mana? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Plat BG dari Daerah Mana?

Nah, sudah pasti kamu dibuat semakin penasaran dengan bg plat daerah mana. Jika kotamu dikenal sering didatangi oleh perantau, tidaklah mengherankan jika banyak kendaraan dari luar daerah yang hilir-mudik melewati jalanan kotamu. Nah, salah satunya mungkin adalah plat kendaraan dengan kode BG. Kode ini sebenarnya merupakan kode wilayah untuk provinsi tertentu. Tidak hanya plat BG, hampir semua provinsi di Indonesia memiliki plat huruf yang berbeda. Hal ini dikarenakan Indonesia merupakan wilayah yang sangat luas. Penciptaan kode huruf itu dibuat sejak era Belanda untuk mempermudah pendataan oleh pemerintah, petugas pajak, maupun petugas kepolisian.

Bagi yang belum mengetahui bg plat daerah mana, plat kendaraan ini merupakan kode plat untuk wilayah Sumatera Selatan. Semua kendaraan yang berasal dari wilayah Sumatera Selatan sudah pasti menggunakan kode plat kendaraan BG. Namun, tidak berhenti di situ saja. Perlu diketahui bahwa kode plat BG ini hanya berguna untuk mengidentifikasi asal daerah provinsi dari kendaraan tersebut. Jika kamu ingin mengetahui lebih banyak mengenai wilayah kota atau kabupaten kendaraan tersebut, kamu bisa melihatnya dari kode huruf belakang yang ada pada plat kendaraan itu. Berikut ulasan lengkapnya:

Kode plat belakang A, I, L, M, N, P, Q, R, U, X, dan Z: Kode plat untuk Kota Palembang

Kode plat belakang C: Kode plat untuk Kota Prabumulih

Kode plat belakang H: Kode plat untuk Kota Lubuk LInggau

Kode plat belakang W: Kode plat untuk Kota Pagalaram

Kode plat belakang J: Kode plat untuk Kabupaten Banyuasin

Kode plat belakang E: Kode plat untuk Kabupaten Lahat

Kode plat belakang D: Kode plat untuk Kabupaten Muara Enim

Kode plat belakang T: Kode plat untuk Kabupaten Ogan Ilir

Kode plat belakang G: Kode plat untuk Kabupaten Musi Rawas

Kode plat belakang B: Kode plat untuk Kabupaten Musi Banyuasin

Kode plat belakang K: Kode plat untuk Kabupaten Ogan Komering Ilir

Kode plat belakang F: Kode plat untuk Kabupaten Ogan Komering Ulu

Kode plat belakang V: Kode plat untuk Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur

Kode plat belakang Y: Kode plat untuk Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan

Kode plat belakang O: Kode plat untuk Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir

Kode plat belakang S: Kode plat untuk Kabupaten Empat Lawang.

Itulah ulasan singkat mengenai kode plat daerah BG beserta daerah cakupannya. Tertarik untuk mendapatkan informasi lainnya yang tak kalah menarik? Kamu bisa baca-baca artikel yang ada di situs vygaarchitects.com. Semoga informasi ini memberikan wawasan yang baru, ya!

Leave a Comment