SEM dan SEO: apa perbedaannya?

Optimaise.id – Terkadang ada beberapa kebingungan antara istilah SEO dan SEM, karena keduanya merujuk pada penentuan posisi di hasil pencarian Google (atau mesin pencari lainnya). Namun, ini adalah disiplin ilmu yang berbeda

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization. SEO adalah proses meningkatkan visibilitas situs web dalam hasil organik mesin telusur, yaitu perusahaan yang memiliki mesin telusur tidak dibayar untuk penentuan posisi.

Sebaliknya, SEM atau Pemasaran Mesin Pencari didasarkan pada penempatan iklan berbayar di hasil pencarian, melalui platform periklanan seperti Google Ads.

Di antara perbedaan utama antara SEM dan SEO, kami menyoroti hal berikut:

Tempat di hasil pencarian. Biasanya, iklan berbayar ditempatkan di kolom atas dan kanan, sedangkan hasil organik menempati area yang tersisa. Meskipun pemosisian SEM mungkin tampak lebih menguntungkan pada pandangan pertama, perlu diingat bahwa banyak pengguna mengabaikan iklan dan langsung membuka hasil organik.

Investasi yang dibutuhkan. SEO memerlukan investasi tertentu dalam waktu, tenaga, dan sumber daya, tetapi pada akhirnya kunjungan ke situs web kami “gratis”. Sebaliknya, SEM mengharuskan kami membayar setiap kali pengguna mengklik iklan untuk membuka situs web kami.

Periode pemulihan investasi. SEO adalah strategi jangka menengah/panjang, sedangkan dengan SEM kita bisa mendapatkan hasil yang lebih langsung.

Jenis konten yang kami kerjakan. SEO berfokus pada menghasilkan konten yang berkualitas seperti situs Berponsel, misalnya artikel blog yang membahas suatu topik secara mendalam dan disertai dengan elemen grafis. Di sisi lain, dengan SEM kami bekerja terutama dengan iklan teks pendek dan halaman arahan.

SEO dan SEM adalah disiplin ilmu yang saling melengkapi, jadi selalu lebih baik jika kita mengerjakannya bersama-sama, dengan mempertimbangkan kata kunci mana yang lebih cocok untuk menempatkan iklan jangka pendek (umumnya, yang memiliki niat beli tinggi) dan mana yang lebih kita minati dalam mengerjakan konten dan otoritas jangka panjang (biasanya, yang lebih didasarkan pada pencarian informasi).

Google dan SEO lokal

SEO lokal adalah alat penting untuk bisnis yang memiliki toko fisik, karena memungkinkan kami mengarahkan pengguna ke mereka berdasarkan pencarian mereka. Misalnya, jika pengguna menelusuri “restoran Jepang”, Google akan menyarankan restoran terdekat untuk mereka kunjungi.

Leave a Comment